Sabtu, 26 Desember 2020

JUSTRU PADA AKHIR TAHUN



Puisi: Justru pada Akhir Tahun
Karya: W.S. Rendra


 Bermukimlah di peti mati dan jangan menangis lagi

aku terpaksa berkhianat dan cintamu jadi siksa

keengganan-kehilangan jadi ketakutan bangsawan

sangsi yang ini mendorong ingin punya segala

dan jadilah hatiku asing pada pangkalan dan persinggahan.

.

Berilah aku kenikmatan atau keedanan dan bukan cinta

cinta memang kudamba tapi jadi asing di dekatnya

begitu agung ia, mungkin tak kukenal bila singgah di dada

dan oleh luka-luka tak kupercaya lagi kehadirannya.

.

Terkutuklah saat-saat aku sadari diri begini

tampak tindakku seolah berbunga dosa

tindak yang di sisi hatiku sungguh bening.

(Percayalah! Matamu 'kan mengutuk segala dusta)

.

Tolonglah memupus lari sangsiku.

(demi cintamu yang tidak waras kepadaku!)

Pendamlah cintamu dalam perbuatan edan

atau sekali-sekali khianatilah aku

atau bermukimlah di peti mati dan jangan menangis lagi

atau bunuh aku dengan tikaman mesra duka cinta

dan segalanya akan putus begitu

bukankah itu mesra, Sayangku???

0 komentar:

Posting Komentar