Senin, 29 Oktober 2012

MACAM-MACAM PROSSESOR

 
Berikut ini saya share tentang berbagai macam tipe processor, Saya share ini karena saya anggap ini kita butuhkan, terutama buat yang mau beli PC baru. Ohya, saya tidak tau artikel ini berasal darimana, soalnya dulu saat kami masih baru-baru mengenal blog, kami asal meng'kopas' artikel tanpa menyertakan sumbernya, maaf sekali, saya dulunya memang plagiater, jadi bagi siapa saja yang merasa ini adalah artikel miliknya silahkan di klaim dan saya akan menyertakan sumbernya disini. Artikel ini sedikit saya modifikasi dan ada beberapa yang saya tambahkan (dan ada yang saya kurangi juga sih , hehe :D ) .

Berikut berbagai tipe processor :



1. AMD Athlon



Teknologi terbaru : Athlon 64 X2 4800+

Product Information :
Clock Speed 2.4 GHz, Dual Core, L2 Cache 2MB, HyperTransport™ FSB up to 2000MHz, Socket 939, (Box)

Keunggulan :
Amd Athlon 64 X2 dual core ini memungkinkan untuk melakukan kerja secara 'multitasking'.

*Multitasking = Multitasking atau Tugas ganda adalah kemampuan untuk menjalankan beberapa program komputasi dan aplikasi di belakang layar ( ex : security ) secara bersamaan tanpa mengalami penurunan kinerja. Multitasking kini menjadi suatu prasyarat seiring semakin banyaknya hal yang ingin dilakukan end user dengan PC. 




2. AMD Sempron

 
Teknologi terbaru : Sempron 3100+


Product Information :
Clock Speed 1.80 GHz, L2 Cache 256KB, HyperTransport™ FSB up to 1600MHz, Socket 754, (Box) 



Keunggulan : 
Processor AMD Sempron dirancang untuk penggunaan pada PC bisnin dan Home PC.  Prosesor AMD Sempron™ menyediakan produktivitas yang menambah/mempertinggi capaian yang diperlukan untuk aplikasi sehari-hari.


3. Intel Celeron

Teknologi terbaru : Celeron D 331 ( saya rasa masih ada yg terbaru, lebih lengkapnya ke sini aja) 

Product Information :
Clock Speed 2.66 GHz, L2 Cache 256KB, FSB 533MHz, Socket LGA775, xD-bit, EM64T (Box) 



Keungggulan :  dapat memakai memori virtual dan fisik yang lebih besar sehingga penanganan aplikasi-aplikasi besar seperti media digital dapat dilakukan lebih baik. Sistem komputasi Desktop 64-bit juga memungkinkan kinerja lebih cepat, karena kemampuannya memproses lebih banyak di memori utama (RAM), sehingga data yang harus dipindahkan dari dan ke harddisk menjadi lebih sedikit. Setelah saya googling, disini ada yang lebih lengkapnya.


4. Intel Pentium 4
 Teknologi terbaru : Pentium 4 3.8 GHz ( prediksi saya menurut wikipedia )

Product Information :
Clock Speed 3.2 GHz, L2 Cache 1MB, FSB 800MHz, Socket 478, Hyper-Threading, (Box)  


Prosesor Intel® Pentium® 4 dirancang untuk memberikan performance superior untuk musik digital, 3D imaging digital dan video, dan lain-lain. Prosesor Pentium 4 juga menyediakan fasilitas untuk menangani inovasi pada masa mendatang seperti pengarang DVD dan MPEG4 video.  
 

 Ini nih, processor komputer saya yang tercinta.. haha :D , ohya, deskripsi yang lebih lengkapnya bisa lihat nih di wikipedia.




5. Intel Xeon
Teknologi terbaru : Xeon 3.6 GHz Nocona 

Product Information :
Clock Speed 3.6 GHz, L2 Cache 1MB, FSB 800MHz, Socket 604, (Box) 



Keunggulan : Prosesor ini dirancang untuk dual-processor server dan stasiun-kerja platform. Prosesor Intel® Xeon™ memberikan kebebasan untuk memusatkan lebih pada bisnis, dan membantu memperoleh fleksibilitas lebih besar dan biaya-biaya yang lebih rendah. Prosesor Intel Xeon merupakan inovasi prosesor yang bekerja lebih baik dari inovasi sebelumnya.  
Lengkapnya ke wikipedia aja cuy :D .



6. Intel Dual Core
  Keunggulan :  mengatasi masalah overheating yang ada di Intel Pentium D tanpa mengurangi kinerja-nya. Dalam bbrp referensi, ada yang menyebut Dual Core, ini dengan Core Duo (tanpa angka 2) yang dibuat dengan basis Pentium M (Pentium III-4 hybrid) yang dibuat khusus untuk komputer laptop.

maaf, saya gak dapat banyak informasi tentang processor satu ini, kalau ada yg mau nambah silahkan tinggalkan di komentar :D . Ntar saya update lagi deh kalau ada tambahan info.


7. Intel Core 2 Duo

Product info : prosesor Intel Core 2 Duo berkecepatan 2400 MHz ( sorry ga banyak info )

Keunggulan : 
Intel Core 2 Duo adalah prosesor generasi berikutnya dari Intel, yang dikembangkan dari awal dengan arsitektur yang benar2 baru yang dinamakan: Core. Dengan arsitektur baru ini, kinerja prosesor berjalan dengan lebih baik dan membuka kemungkinan untuk melakukan overclocking (super overclocker). Sejak dimulainya generasi Core ini, Intel sudah tidak lagi menggunakan istilah Pentium, untuk membedakan kedua buah generasi (arsitektur) Intel yang berbeda (Core dan Pentium).  Sumbernya dari sini .




8. Intel i7

Processor ini mempunyai code name Nehalem. Pada awalnya penggantian nama baru i7 membuat pelanggan setia intel cukup sulit mengingatnya. Beberapa keunggulan dari processor intel terbaru ini adalah:
1.       Memiliki performa lebih tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan energi.
2.       FSB (Front Side Bus) digantikan dengan QuickPath Interface.
3.       Memory Controller ada dalam processor, tidak seperti yang sebelumnya terpisah dalam chip tersendiri. Dengan teknologi ini memori akan langsung terhubung dengan processor.
4.       Support Three Channel Memory , tiap – tiap kanal berisi 2 slot memori, sehingga total slot yang ada dalam mainboard yang mendukung processor ini ada 6 slot. -    Processor Core i7 sementara ini hanya mendukung memori jenis DDR 3.
5.       Core i7 menggunakan single-die device : core (inti processor), memory controller, dan cache berada dalam satu die.
6.       Menggunakan tipe socket baru yaitu Socket B (Socket LGA 1366)
Selain hal-hal baru diatas, ternyata justru didalam processor Core i7 ini menggunakan kembali teknologi lama Intel Pentium yang sudah tidak diaplikasikan didalam generasi Intel Core, yaitu Hyper-Threading . Dengan adanya teknologi Hyper-Threading ini dalam sistem operasi  ( Windows,Linux, dll) seolah – olah inti processor akan menjadi 2 kali lipatnya, misalnya : dalam sistem operasi processor Core i7 4 core akan terdeteksi menjadi 8 core. Processor i7 mempunyai 4 core ( 4 inti processor) atau lebih sering disebut dengan Quad Processor.

 

0 komentar:

Posting Komentar