1.1. Pendahuluan
Microsoft Visual Foxpro merupakan perangkat lunak yang
orientasinya adalah saplikasi bisnis,
khususnya yang memakai database (pengolahan data) yang datanya
cukup banyak.
Microsoft Visual Foxpro merupakan salah satu sistem manajemen
database (database
management system, DBMS)
berorientasi obyek yang memungkinkan pembuatan aplikasi
database yang tangguh dengan cepat dan mudah.
Kemudahan pembuatan aplikasi menggunakan Visual Foxpro antara lain
karena
pemrograman Visual Foxpro secara procedural dan sekaligus
berorientasi obyek (object oriented
programming,
OOP) yang berjalan seiring dan saling terkait. Pemrograman procedural yang
dikerjakan bersama-sama dengan pemrograman berorientasi obyek dan
dilengkapi desain
interaktif menjadikan Visual Foxpro banyak digunakan oleh para
programmer Windows saat ini.
Secara garis besar pembuatan aplikasi database meliputi
proses-proses sebagai berikut :
- Merencanakan atau merancang aplikasi
- Membuat Database (tabel, view, relasi
tabel).
- Membuat kelas (event, properti,
method).
- Menyediakan akses kegunaan (form,
menu, toolbar).
- Menyediakan akses informasi (query,
report, grafik).
- Testing dan debuging.
Perancangan database,
penentuan kebutuhan
fungsional
Pembuatan database :
Tabel,View,Relasi Tabel
Penyediaan Akses
fungsional bagi user :
Form,Menu,Toolbar
Penyediaan Akses
Informasi bagi user :
Query,Report,Grafik
Testing dan Debuging
1.2. Memulai Visual Foxpro
Ada beberapa cara memulai perangkat lunak Visual Foxpro, yaitu :
1. Memulai Visual Foxpro lewat menu Start – Programs –
Microsoft Visual Foxpro.
2. Memulai Visual Foxpro lewat Shortcut Visual Foxpro.
1.3. Tampilan Utama Visual Foxpro
1.3.1. Jendela Microsoft Visual Foxpro
Saat Microsoft Visual Foxpro dijalankan, sebuah jendela kerja akan
tampil seperti gambar
dibawah ini.
Toolbar MenuBar Command Window
1.3.2. Menu Bar
1.3.3. ToolBar
Toolbar, seperti pada gambar dibawah, berisi ikon-ikon yang
berfungsi mepersingkat
perintah pada Menu Bar.
1.3.4 Jendela Project Manager
Jendela Project Manager menunjukkan proyek aktif dan filefile
penyusun proyek tersebut.
1.3.5 Jendela Properties
Jendela Properties digunakan untuk mengubah properti suatu objek.
Pengaturan properti
pada jendela Properties dapat dilakukan dengan berbagai cara :
• Dengan mengetikkan nilai yang
diinginkan
(contoh : properti Caption, Width).
• Memilih nilai yang telah ada (contoh
:
properti Style, Aligment).
• Memilih sampel yang ada (contoh :
properti
BackColor, ForeColor).
• Browsing (contoh : properti Picture).
Selain dengan jendela properties, pengaturan
properti juga dapat dilakukan lewat program
melalui baris-baris listing.
1.4. Elemen Dasar Visual Foxpro
Elemen dasar Visual Foxpro terdiri dari Tipe Data (Type Data),
Operator, Fungsi/Procedure
dan perintah.
1.4.1. Tipe Data
Dalam membuat program tidak terlepas dari rumus dan formula yanng
berupa ekspresi.
Dalam Visual Foxpro ekspresi atau rumus tidak boleh jenis data
(type data) bercampur.
Tipe-tipe data yang tersedia dalam Visual Foxpro adalah karakter,
karakter biner, numerik
dan bilangan pecahan, bilangan bulat, bilangan pecahan ganda,
bilangan uang, tanggal, tanggal
plus jam, logika (L) dan memo (M).
Tipe Karakter
Tipe karakter adalah tipe data string berupa deretan karakter
alfabet, dari A sampai Z, dan
angka 0 – 9 yang dingggap karakter. Tipe karakter dibuat
menggunakan (diapit) tanda kutip
tunggal, kutip ganda atau tanda siku.
Contoh :
‘Visual Foxpro’
“STMIK Tasikmalaya”
[Visual Foxpro Programming]
Tipe karakter Biner
Tipe karakter biner seperti tipe data karakter biasa, tetapi
bersifat permanen.
Tipe Numerik dan Bilangan Pecahan
Tipe numerik (float) adalah tipe angka atau angka pecahan yang
mempunyai jangkauan
-0.999999999E+19 sampai dengan 0.999999999E+20.
Tipe Bilangan Bulat
Tipe bilangan bulat adalah tipe data angka yang mempunyai
jangkauan antara-2147483647
sampai dengan 2147483646.
Tipe Bilangan Pecahan Ganda
Tipe bilangan pecahan ganda (lebih besar dari tipe float) adalah
tipe angka atau angka pecahan
yang mempunyai jangkauan +/-4.94065645841247E-324 sampai
+/-8.9884656743115E307.
Tipe Bilangan Uang
Tipe bilangan uang adalah tipe data untuk bentuk data berupa uang
yang mempunyai jangkauan
-922337203685477.5808 sampai dengan 922337203685477.5807. Untuk
menyatakan bilangan
bentuk uang kita harus menggunakan simbol $ (bentuk default).
Tipe Tanggal
Tipe tanggal adalah tipe data untuk bentuk data tanggal (date).
Format defaultnya adalah
bentuk tanggal US, dengan format mm/dd/yy (jika SET CENTURY OFF).
Untuk memudahkan kita
membentuk format tanggal tertentu, perhatikan tabel dibawah ini :
Pengaturan Format
saat SET CENTURY OFF
AMERICAN
mm/dd/yy
ANSI yy.mm.dd
BRITISH/FRENCH dd/mm/yy
GERMAN
dd.mm.yy
ITALIAN
dd-mm-yy
JAPAN / TAIWAN yy/mm/dd
USA mm-dd-yy
MDY mm/dd/yy
DMY dd/mm/yy
YMD yy/mm/dd
Tipe Logika (L)
Tipe logika (L) adalah tipe data untuk bentuk logika TRUE (benar),
dapat digunakan simbol T,t,Y
atau FALSE (salah) dapat digunakan simbol F,f,N,n.
Tipe Memo
Tipe memo adalah tipe data untuk digunakan sebagai karakter
panjang, dan hanya berlaku
untuk field bukan variabel. Memo berukuran tidak tetap, seperti
karakter dan disimpan dalam
file .FPT.
Tipe Umum (G)
Tipe data umum biasa dapat dipakai untuk menyimpan data OLE
(Object Linking Embedded),
seperti spreadsheet, grafik, suara yang dibuat dari aplikasi lain.
1.4.2. Operator
Operator adalah simbol yang dipakai untuk operasi tertentu,
biasanya dipakai dalam ekpresi
atau rumus tertentu. Contoh simbol – simbol operator seperti pada
tabel berikut :
Operator Kegunaannya Untuk tipe data
Operator
Kegunaannya Untuk tipe
data
= Pengujian
kesamaan Semua tipe
+ Penjumlahan
Numeric,
Character, Date, DateTime
! atau NOT Negasi
(kebalikan) Logical
*, / Perkalian/Pembagian Numeric
^ Perpangkat
Numerik
Catatan : Dalam
suatu ekpresi variabel harus memiliki tipe data yang sama, jika tidak sama
harus dikonversikan dahulu tipe datanya.
1.4.3. Fungsi / Procedure
Fungsi atau procedure adalah kumpulan instruksi tertentu untuk
tujuan tertentu yang diberi
nama, sehingga jika ingin dipakai hanya menyebutkan nama fungsinya
saja.
1.5. Perintah-perintah dasar Foxpro
SET DEFAULT TO <path-drive>
Digunakan untuk mengaktifkan/merubah drive kerja.
Contoh : SET DEFAULT TO C:\FOXPRO ↵
CLOSE ALL
Digunakan untuk menutup semua jendela yang aktif.
QUIT
Perintah untuk keluar dari Visual Foxpro.
1.6. Aplikasi Dengan Form
Form merupakan sebuah objek pada Visual Foxpro yang digunakan
untuk mengolah data
tabel atau sebagai dasar rancangan tampilan aplikasi lainnya.
Untuk membuat form dapat kita lakukan dengan 3 cara yaitu :
1. Dengan bantuan Wizard
2. Desain
3. Programming
Desain Form dan Modifikasi Form
Setelah kita bisa membuat form dengan Wizard, dan terlihat ada
kelemahan. Maka untuk
itu kita harus menggunakan cara kedua yaitu dengan mendesain Form
sendiri. Langkah untuk
membuat/medesain form menurut keinginan sendiri sbb :
Pada Command Window, ketikkan
perintah :
CREATE FORM <nama-form> atau
pilih menu FILE – NEW – FORM – NEW FILE, sehingga muncul
kotak dialog :
Jendela Properties
Jendela Properties digunakan untuk mengubah properti
suatu objek. Pengaturan properti pada jendela Properties
dapat dilakukan dengan berbagai cara :
• Dengan mengetikkan nilai yang
diinginkan (contoh :
properti Caption, Width).
• Memilih nilai yang telah ada (contoh
: properti Style,
Aligment).
• Memilih sampel yang ada (contoh :
properti BackColor,
ForeColor).
• Browsing (contoh : properti Picture).
Mengaktifkan/menjalankan Form
Untuk menjalankan/mengaktifkan sebuah Form langkahnya yaitu pada
Commad Window
ketikkan perintah : DO FORM <nama-form> atau
Pilih Menu Program – Do – <nama-file-fom> atau
Pada Toolbar, klik tombol atau pada Keyboard tekan CTRL+E.
Menambah/mendesain Kontrol Form
Untuk menambahkan sebuah kontrol baru pada sebuah form, caranya
adalah klik sebuah
kontrol yang kita inginkan dari Toolbar Form Control, kemudian
dilam jendela Form designe,
Drag dan Drop pointer mouse untuk membuat kotak kontrol yang kita
inginkan. Beberapa
jenis kontrol yang biasa dipakai adalah :
Toolbar Form Control
Jendela Form Designer
Jendela Properties
Toolbar Name Function
Label
Digunakan untuk membuat komentar atau keterangan
pada Form
Textbox
Sebuah kontrol yang dapat berisi data field atau sebuah
variabel memori.
EditBox
Sebuah kontrol yang dapat berisi data field atau sebuah
variabel memori dan mempunyai scrolling bar.
Commad Button
Digunakan untuk mengeksekusi sebuah perintah
program tertentu.
Option
Digunakan untuk memberikan beberapa pilihan/option
yang hanya bisa dipilih satu.
CheckBox
Digunakan untuk memberikan pilihan/option yang bisa
di pilih lebih dari satu.
ComboBox
Digunakan untuk menginputkan data sekaligus bisa
digunakan untuk pemilihan data tertentu.
Grid Digunakan untuk menampilkan data dari suatu tabel.
Image
Fungsinya untuk menampung gambar yang biasanya
diambil dari file yang terpisah.
Line Digunakan untuk membuat sebuah garis.
0 komentar:
Posting Komentar